Lupakan Halong Bay, Cobalah Nin Binh

Lupakan Halong Bay, Cobalah Nin Binh Jika Anda pernah menonton film My Stupid Boss 2, Anda pasti tidak asing lagi dengan Nin Binh. Ya, kota kecil di utara Vietnam ini merupakan salah satu latar film yang dibintangi oleh Reza Rahardian. Saat itu, ada adegan di mana The Boss sedang mencari karyawan ke Vietnam dan masuk ke sebuah desa terpencil yang memiliki pemandangan indah.

Ada sawah di tepi sungai, di kanan kirinya terdapat gugusan batu karst yang menjulang tinggi. Itulah Nin Binh. Di kalangan wisatawan Indonesia, nama Nin Binh memang belum setenar Halong Bay. Namun di kalangan wisatawan mancanegara, Nin Binh sangat populer.

Kementerian Pariwisata Vietnam mencatat, pada Januari hingga Juni 2023 saja, ada 4,7 juta turis asing yang datang ke sini.

Kota kecil yang tenang

Lupakan Halong Bay Kota Nin Binh terletak tidak terlalu jauh dari Hanoi, hanya 1,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Itu sebabnya banyak tur yang menawarkan perjalanan satu hari ke Nin Binh dari Hanoi dengan harga sekitar 500.000 rupiah. Saya tidak ingin mengikuti perjalanan tersebut karena saya ingin menikmati suasana kota Nin Binh.

Ternyata, Nin Binh adalah kota kecil yang sangat tenang dan nyaman. Sekilas, saya merasa seperti berada di Ubud-banyak sawah, restoran vegetarian, warung-warung kecil bergaya supermarket, dan homestay milik warga lokal. Sempurna untuk menenangkan hati. Kota Nin Binh dikelilingi oleh perbukitan karst. Karena itulah daya tarik utama di sini adalah berperahu sambil menikmati sungai yang diapit bebatuan karst.

Ya, mirip seperti Ramang-Ramang di Sulawesi Selatan atau Guilin di China. Ada dua tempat untuk menikmati bebatuan karst. Yang pertama adalah Tam Coc, sebuah sungai di tengah kota Nin Binh yang dijuluki “Halong Bay on Land”.

Yang kedua adalah Trang An, yang dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO karena pemandangannya yang indah. Karena jarak Trang An lebih jauh dari penginapan, saya dan dua orang teman memutuskan untuk naik perahu di Tam Coc terlebih dahulu.

Setelah itu, kami pergi ke Trang An dan bersepeda mengelilingi Nin Binh. Itulah rencananya.

Cara mendayung perahu itu unik

Pagi-pagi sekali, kami sudah nongkrong di depan loket tiket. Kami sengaja datang sepagi mungkin agar tidak berdesakan dengan turis yang datang dari Hanoi. Dari info yang kami dapat, turis dari Hanoi biasanya tiba di Tam Coc pada pukul 10 pagi. Untuk tiket perahu yang dibanderol dengan harga VND 195.000 per orang atau setara dengan Rp 130.000,-.

Satu perahu bisa memuat 3 orang (untuk orang Asia) dan 2 orang (untuk non Asia). Perahu kami dikemudikan oleh seorang wanita paruh baya dengan papan kayu khas Vietnam, yang tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Ia hanya tersenyum terus menerus sambil mendayung dengan kakinya.

Ya, dia mendayung perahu kami bukan dengan tangan seperti perahu pada umumnya, melainkan dengan kakinya. Karena kedua tangannya bebas, ia bisa mendayung sambil menelepon dan bahkan makan.

Melewati Tiga Gua

Sepanjang perjalanan, kami disuguhkan pemandangan sungai yang diapit oleh bebatuan karst. Saya yang sudah pernah ke Guilin, Ramang-Ramang dan Halong Bay, masih terkesima. Saya pikir kami akan turun ke salah satu gua seperti di Halong Bay, ternyata tidak. Kami hanya melewatinya. Kami hanya melewatinya.

Perjalanan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Beruntung kami datang pagi-pagi sekali sehingga sungai masih relatif sepi, hanya ada beberapa perahu yang melintas. Namun saat kami kembali, deretan perahu mulai memenuhi sungai.

Para turis mulai berdatangan. Untung saja kami datang lebih awal karena saat kami sampai di dermaga awal, hujan mulai turun. Dan itu berlangsung sepanjang hari sehingga kami akhirnya tinggal di hotel sepanjang hari. Rencana untuk pergi ke Trang An dan bersepeda di sekitar Ninh Binh langsung hancur karena hujan. Meskipun singkat dan rencana kami hancur karena hujan, Ninh Binh masih menjadi salah satu bagian favorit saya di Vietnam.

Sumenep, destinasi anti-mainstream di Indonesia

Nin Binh bisa dibilang sebagai salah satu destinasi anti-mainstream di Vietnam. Nah, di Indonesia, ada juga destinasi hidden gem yang tak kalah menarik, yaitu Sumenep, Madura. Nama Sumenep mungkin tidak sepopuler destinasi lain di Jawa Timur, namun ternyata banyak hal menarik yang bisa ditemukan di sana.

Salah satunya adalah Gili Iyang. Tak hanya memiliki gugusan laut biru jernih dengan pasir putih, pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Madura ini pernah dinobatkan sebagai daerah dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia pada tahun 2005, setelah Laut Mati, Yordania.

Saya sudah pernah mencicipi udara di Laut Mati dan penasaran bagaimana rasanya menghirup udara penuh oksigen di Gili Iyang, yang konon bisa membuat penghuninya awet muda. Sumenep juga kaya akan sejarah, dengan masjid dan keraton-keraton tua. Sebagai pencinta sejarah dan arsitektur, kunjungan ke bangunan kuno seperti ini membuat saya senang; saya bisa berlama-lama di sana. Apalagi, konon ini adalah keraton terakhir yang masih ada di Jawa Timur.

Masjid ini juga memiliki desain unik yang lahir dari akulturasi berbagai budaya dan bangsa. Tidak hanya itu. Banyak pantai dan pulau berpasir putih yang bisa dikunjungi di Sumenep. Ada juga Kota Tua Kalianget yang memiliki bangunan-bangunan tua seperti bekas benteng Belanda dan rumah-rumah bergaya Eropa. Rasanya tidak sabar untuk segera ke sana!